pemuda-pemudi-pemuda-pemudi

Pemuda. Eum.. Apa sih pemuda? Pemuda itu orang yang muda. Ah, ga cerdas jawabannya. Oke kita tanya mbah gugel coba apa itu pemuda.

WOW! Jawaban dari apa itu pemuda ternyata sangat mencengangkan. Pemuda adalah ujung tombak bangsa, pemuda adalah pelopor pembaruan, pemuda adalah orang yang mengatakan inilah saya bukan inilah bapak saya, dan lainlain. masih sangat banyak jawaban yang sangat WOW dari pertanyaan apa itu pemuda.

Dari 3 contoh jawaban di atas aja, kita kayanya udah bisa nyimpulin sendiri kalo pemuda itu bukan suatu golongan yang bisa dipandang sebelah mata.

Jadi maksud gua bikin tulisan ini sih atas dasar curhat dan prihatin hehe. Jadi gini, gua tinggal bukan di sebuah komplek perumahan, tapi gua tinggal di perkampungan. Dan di lingkungan rumah gua ini *menurut gua* banyak pemuda-pemudi yang berpotensi. Tapi mungkin mereka ga sadar akan potensi yang mereka miliki.

Kenapa gua bisa bilang mereka punya potensi tapi ga sadar?

Karena… Mereka pernah sekolah, tapi sekarang kok kayaknya mereka masih belum bisa memanfaatkan ilmu yang pernah mereka dapet dari sekolah. Ada tuh yang udah lulus sekolah, tapi kok gua liatnya kaya luntang-lantung gitu jadinya. Ga kerja atau nerusin ke jenjang yang lebih tinggi lagi. Ya gua tau sih lingkungan gua ini bukan lingkungan menengah ke atas melainkan menengah ke bawah, yang ga semuanya bisa beruntung buat ngelanjutin kuliah, karena emang gua tau banget biaya kuliah itu ga murah.

Kalo mereka sadar dan mau menggali dan mengasah potensi mereka, mungkin gua ga akan liat lg ada anak-anak muda yang luntang-lantung sambil ngerokok bikin gua bengek dan bumi makin panas.

Balik lagi ke topik pemuda berpotensi dan sadar dan PUNYA NIAT DAN MAU ‘BERGERAK’. Kenapa gua caps+bold gitu? Gini deh, misalkan lu sadar kalo lu punya potensi, tapi lu ga berniat buat mengasah potensi lu untuk ke jalan yang lebih baik lagi. Lu cuma sadar aja gitu, apa itu bakal ngubah keadaan? Terus gini, lu sadar, punya niat, tapi ga bergerak. Niaaatttt terus. Bakal ada perubahan juga ga?

Misalkan si A ini lulusan STM, tp dia ga punya biaya buat lanjutin kuliah. Trs dia juga blm dpt kesempatan buat kerja di perusahaan. Tapi kenapa dia ga coba bikin usaha bengkel sama temen-temennya? Selain dia ada penghasilan, jadi mengurangi angka pengangguran kan?

Oke, gua tau bikin usaha itu ga mudah, tapi balik lagi ke niat dan mau bergerak, pasti semua bisa kan?

Atau ngga, si B. Dia putus sekolah karena ga ada biaya. Tapi dia bisa kan kerja? Ya emang sih mungkin cuma bisa kerja serabutan aja, tapi dari pada tambah ngebebanin orang tuanya? Toh selain bisa ngebantu orang tua, dia bisa ngurangin angka pengangguran di indonesia kan kalo dia kerja?

Menurut gua sih potensi itu ga cuma diliat dari lu bisa bikin apa atau gimana, tapi dengan dia ga jadi pengangguran juga dia punya potensi kan untuk mengurangi angka pengangguran? Hehehehe :p

Gua sebenernya prihatin kalo tiap gua pulang sekolah atau pulang les, banyak ketemu sama anak-anak muda yg lagi luntang-lantung sambil ngerokok gitu. Kalo tiap liat ada yang lagi gitu gua selalu mikir: ih mereka apa ga malu ya nganggur gitu tapi malah bakar-bakar uang. Minta pula sama orang tuanya.

Terus gua juga prihatin sama diri gua sendiri, gua selalu mikir: gua nanti harus ke daerah ini, gua harus bikin orang-orangnya ga ‘buta’ ilmu dan bisa ngembangin potensinya biar bisa majuin indonesia. Tapi gua ga mikirin kalo di lingkungan sekitar gua juga masih ada orang-orang yang butuh bimbingan buat ngembangin potensinya.

Mungkin sekarang ini tulisan gua isinya teori semua dan susah buat dipraktekin, tapi gua janji, suatu saat nanti kalo gua udah punya ilmunya yang pasti, gua pasti punya solusi yang lebih realistis dan bisa dipraktekin buat orang2 di lingkungan sekitar dan orang2 di daerah buat ngembangin dirinya dan bikin indonesia jadi maju 🙂

ada yang punya visi kaya gua mungkin? maybe kita bisa kerja bareng? 😉

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s