ospek –> bullying =/= MPKMB IPB

halo guys. apa kabar? gua lagi remuk banget nih badannya setelah mengikuti serangkaian acara mpkmb ipb sahabat tani 48.

mpkmb? apa sih mpkmb ipb?

jadi, mpkmb ipb itu masa perkenalan kampus mahasiswa baru institut pertanian bogor

ooohhhh. ospek gitu yah? plonco-ploncoan gitu yah? dibully yah?

whaaaaatttt?? hahaha kampungan banget bully-bullyan gitu. nggak lah, di mpkmb ipb tuh ga ada yg namanya bullying. kampungan deh kalo masih ada yang kaya gitu hahahaha

ohhhh ya yaaaa. coba dong ceritain, selama perkenalan kampus ngapain aja?

okaaayyy lemme share with you guys.

jadi selama 3 hari kemaren, gua dan sahabat tani 48 yang lain ikut kegiatan yang namanya mpkmb. ya, seperti yang tadi udah gua bilang di atas, mpkmb, perkenalan kampus. oiya, buat yang belum tau sahabat tani 48 itu apa, sini gua kasih tau ya. sahabat tani 48 itu sebutan buat maba ipb angkatan 48. seperti halnya kakak di angkatan 47, disebutnya laskar inspirasi.

awalnya sih jujur aja, males banget ikutan mpkmb. bulan puasa gitu loh, gila aja. sebelum mpkmb ada acara pra mpkmb-nya pula. aduh makin males aja. pasti rempong gitu deh. apalagi pas liat waktu acaranya. jam 6 kumpul gitu terus mobilisasi. kebayang aja abis sahur gabisa tidur lagi dan harus langsung mandi biar ngga rebutan kamar mandi sama yang lain. pas ngejalanin hari pertama juga rada ga semangat pas pagi lagi kumpul depan asrama.

tapi pas lagi mobilisasi, meledak aja ilang ga sukanya. langsung semangat banget pas mobilasasi sambil neriakin jargon sama yel-yel laskar dan garda. apalagi begitu sampe di GWW. WOW banget. semangatnya tiba-tiba langsung full gitu keisi. ikutan teriak-teriak nyanyiin yel-yel sama jargon.

selama 3 hari kemaren, ada satu jargon yang selalu terngiang-ngiang dan selalu keinget sama gua, yaitu:

mari bersahabat, cintai kampus kita, bangun pertanian Indonesia! huha!

yaps, itu merupakan jargon mpkmb ipb sahabat tani 48. jadi setiap ada yang bilang: SAHABAT TANI EMPAT DELAPAAAAAAAANNNN… kami para laskar tani harus jawab kaya gitu. satu yang gua rasain pas di GWW 5 garda 35 laskar tani, neriakin jargon itu, MERINDING BANGET!

tentu aja selama 3 hari itu kerjaan kita ngga cuma neriakin jargon sahabat tani 48 aja. acara intinya tuh 35 laskar tani dikumpulin di gedung Graha Widya Wisuda, ada pembicara yang datang. bayangin doooong, hari pertama mpkmb yang jadi pembicara rektor sama presma. wajar lah ya bagi gua mah. yang dahsyat itu hari kedua. yang jadi pembicaranya menteri pertanian!!! wooowwww, acara perkenalan kampus pembicaranya menteri pertanian. DAHSYAAAATTT!!!! terus hari ketiga, ada training motivation gitu sama bimbingan spiritual. jadi kita ga cuma dibentuk dari segi dunia aja, akhiratnya juga dibentuk di hari terakhir ini. oiya, selain dikasih materi gitu, di hari ketiga juga ada outdoor games gitu. seru banget sumpah walaupun gua cuma jadi pemandu sorak aja haha. laper booo lagi puasa :p

selain ‘ngedengerin’ orang ngomong di GWW, kita juga dikasih liat penampilan UKM-UKM yang ada di IPB. selain itu kedisplinan kita juga dibentuk sama kakak-kakak komdis. oiya, percaya ngga percaya semua penugasan mpkmb gua kerjain sendiri dari mulai bikin nametag bentuk kepala tani, buku tugas, dan lain-lain. sendiri di sini konteksnya tanpa bantuan orang tua dan keluarga ya hehe. bikin nametag kepala tani itu gua bareng sama temen-temen di laskar 2. jadi hikmah yang bisa diambil dari nametag bentuk kepala tani itu, kerja sama. haha iya kerja sama, kalo itu nametag dibikin sendiri tanpa bantuan dari temen selaskar, mungkin baru jadi 3 hari deh. tapi karena dibantuin temen di laskar 2, setengah jam bisa jadi beberapa nametag hehehe.

pokoknya mpkmb ipb ini bukan cuma sekedar perkenalan kampus aja, tapi juga pembentukan sahabat tani 48 sebagai penerus bangsa ini, agent of change. sama pembicaranya kita dikasih gambaran tentang kondisi Indonesia. baik itu dari segi pertanian maupun segi sosialnya. jadi kita sengaja dibuat ‘mikir’ tentang kondisi bangsa kita ini. pasti harapannya ya itu, kita bisa jadi penerus bangsa yang bertanggung jawab yang bisa ngebawa bangsa kita ini buat jadi bangsa yang lebih baik lagi.

semoga sahabat tani 48 yang ikutan mpkmb kemaren, beneran bisa jadi pemimpin bangsa yang amanah ya ๐Ÿ™‚

untitled

selamat siang readers. uhum. jadi gini, gua lagi laper banget loh sekarang. oke, ngga penting. bukan itu sih. jadi, tadi gua iseng liat blog lama gua. eum. blog barengan sih, tapi lebih banyak gua yang celoteh disitu. gua baca postingan awal sampe postingan terakhir di situ. terlihat banget cara nulis gua yang dulu sama yang sekarang tuh beda. entah kenapa gua lebih suka baca tulisan gua yang dulu. bukan suka isi tulisannya, tapi suka tulisannya. feelnya lebih nyampe gitu. kalo yang sekarang, rasanya kurang ya. jadi kecewa sama diri sendiri ๐Ÿ˜ฆ tapi gua masih gatau apa yang bikin bisa jadi beda. mungkin ke-apa-ada-an-nya cara cerita gua dulu kali ya? eum.. bukan berarti cara cerita gua yang sekarang banyak rekayasanya sih, tapi apa yah, kerasanya tulisan gua yang dulu cara penyampaiannya lebih polos. ngga kaya sekarang, mau nulis aja gua mikir dulu ntar bakal gimana kalo gua tulis. ah it’s so no no banget deh. pengen kaya dulu lagi yang cerita ngalir aja ga pake mikir. tapi gimana ya, sekarang umur gua juga udah nambah. udah lebih mikir lagi. but i don’t like it. ย aaaaa pengen ikut sama peter pan ke neverland aja deh kalo gini caranya biar gua mikirnya kaya anak kecil terus ๐Ÿ˜ฅ

hati-hati, baik-baik ya di tempat orang :)

halo guys. apa kabar? udah lama ya gua ga celoteh di sini. udah sebulan ya ga berbagi cerita di sini? hihihi. oke deh, sekarang mumpung ada waktu dan momennya pas buat cerita, gua bakal cerita sama kalian yang baca ini. ngga sesuai sama janji gua di postingan terakhir, kali ini gua mau cerita tentang temen-temen yang satu persatu ninggalin bogor buat ngejar cita-citanya. janji gua kan mau cerita tentang matrikulasi ya? itu ditunda dulu deh sampe hasil UASnya keluar hehehe.

jadi, sekarang udah masuk bulan agustus. perkuliahan reguler ada yang mulai bulan agustus dan ada yang bulan september. sedihnya, temen-temen gua kebanyakan kuliahnya mulai bulan agustus. dan ngga di bogor ๐Ÿ˜ฆ sedih banget deh rasanya ditinggal temen-temen ngerantau ke tempat orang gitu. ya gua tau sih mereka ngerantau kan demi masa depan juga. tapi sedih aja gitu.

gini deh, temen lu barengan dari SD, sama-sama di bogor, dan sekarang kuliah dia harus ke Jogja. sahabat lu tiga taun barengan di SMA, tau lu luar dalem, tau banget busuknya lu kaya apa tapi masih mau nemenin, dan sekarang kuliah kepisah. sahabat pas SMP yang tau masa-masa culun lu, sekarang harus ke Bandung. temen contek-contekan lu dari SD, sekarang harus pergi ke Bandung juga, dan lu ditinggal di bogor. sedih kan? sedih dong? harus sedih laaaaaaaaaaaah!

kalo gua sih sedih karena temen ya. coba deh kalian pikirin, buat yang punya pacar dan mereka kuliahnya beda kota. harus apa? harus LDR kan? itu sedih banget loh. ya walaupun gua ga ngalamin langsung, tapi kerasa lah sedihnya kaya apa. soalnya ditinggal temen aja sedih banget, apalagi pacar yaaaa. ah can’t imagine. untung ga punya pacar :p

yang bikin lebih sedih lagi tuh pas baca pesen dari orang-orang terdekat mereka. omijooootttttttt. itu jleb banget lah sedihnya. selain itu, galau-galaunya mereka mau ninggalin rumah juga bikin sedih. inget sebulan kemaren pas pertama kali mau masuk asrama. aaahhh. sedih ๐Ÿ˜ฅ

oiya, balik lagi ke temen-temen yang pergi ngerantau buat ngejar cita-citanya. tapi gua seneng ko buat mereka. sedih sih, tapi seneng haha. labil banget yaaaa. tapi ya from the deepest of my heart, me really glad for that. temen-temen gua bakal jadi orang sukses. pasti ๐Ÿ™‚

pesen gua buat temen-temen tersayang yang ada di kota orang, yang ada di perantauan, yang jauh dari orang tua, yang harus tinggal di kostan, yang ngga di Bogor lah ya pokoknya mah, jangan lupa ibadahnya ya. yang muslim jangan lupa solat, yang non muslim ibadahnya jangan lupa yaaaaa. terrruuuusssss, jaga diri baik-baik ya kalian. di perantauan ga boleh macem-macem loooooh.ย inget tujuan awal, kalian ngerantau gini buat sebuah proses menuju keberhasilan yang kalian cita-citain. sama kaya gua yang harus masuk asrama. buat masa depan. jadi harus ikhlas dan dijalani dengan sungguh-sungguh dan sepenuh hati hahahaha. eh tapi serius, buat masa depan ga boleh main-main kaaaaan ๐Ÿ˜‰

hati-hati dan sukses selalu yaaaaaaaaaaaaaaa

salam sayang cinta kasih putih sepenuh hati

CITRA :*