ospek –> bullying =/= MPKMB IPB

halo guys. apa kabar? gua lagi remuk banget nih badannya setelah mengikuti serangkaian acara mpkmb ipb sahabat tani 48.

mpkmb? apa sih mpkmb ipb?

jadi, mpkmb ipb itu masa perkenalan kampus mahasiswa baru institut pertanian bogor

ooohhhh. ospek gitu yah? plonco-ploncoan gitu yah? dibully yah?

whaaaaatttt?? hahaha kampungan banget bully-bullyan gitu. nggak lah, di mpkmb ipb tuh ga ada yg namanya bullying. kampungan deh kalo masih ada yang kaya gitu hahahaha

ohhhh ya yaaaa. coba dong ceritain, selama perkenalan kampus ngapain aja?

okaaayyy lemme share with you guys.

jadi selama 3 hari kemaren, gua dan sahabat tani 48 yang lain ikut kegiatan yang namanya mpkmb. ya, seperti yang tadi udah gua bilang di atas, mpkmb, perkenalan kampus. oiya, buat yang belum tau sahabat tani 48 itu apa, sini gua kasih tau ya. sahabat tani 48 itu sebutan buat maba ipb angkatan 48. seperti halnya kakak di angkatan 47, disebutnya laskar inspirasi.

awalnya sih jujur aja, males banget ikutan mpkmb. bulan puasa gitu loh, gila aja. sebelum mpkmb ada acara pra mpkmb-nya pula. aduh makin males aja. pasti rempong gitu deh. apalagi pas liat waktu acaranya. jam 6 kumpul gitu terus mobilisasi. kebayang aja abis sahur gabisa tidur lagi dan harus langsung mandi biar ngga rebutan kamar mandi sama yang lain. pas ngejalanin hari pertama juga rada ga semangat pas pagi lagi kumpul depan asrama.

tapi pas lagi mobilisasi, meledak aja ilang ga sukanya. langsung semangat banget pas mobilasasi sambil neriakin jargon sama yel-yel laskar dan garda. apalagi begitu sampe di GWW. WOW banget. semangatnya tiba-tiba langsung full gitu keisi. ikutan teriak-teriak nyanyiin yel-yel sama jargon.

selama 3 hari kemaren, ada satu jargon yang selalu terngiang-ngiang dan selalu keinget sama gua, yaitu:

mari bersahabat, cintai kampus kita, bangun pertanian Indonesia! huha!

yaps, itu merupakan jargon mpkmb ipb sahabat tani 48. jadi setiap ada yang bilang: SAHABAT TANI EMPAT DELAPAAAAAAAANNNN… kami para laskar tani harus jawab kaya gitu. satu yang gua rasain pas di GWW 5 garda 35 laskar tani, neriakin jargon itu, MERINDING BANGET!

tentu aja selama 3 hari itu kerjaan kita ngga cuma neriakin jargon sahabat tani 48 aja. acara intinya tuh 35 laskar tani dikumpulin di gedung Graha Widya Wisuda, ada pembicara yang datang. bayangin doooong, hari pertama mpkmb yang jadi pembicara rektor sama presma. wajar lah ya bagi gua mah. yang dahsyat itu hari kedua. yang jadi pembicaranya menteri pertanian!!! wooowwww, acara perkenalan kampus pembicaranya menteri pertanian. DAHSYAAAATTT!!!! terus hari ketiga, ada training motivation gitu sama bimbingan spiritual. jadi kita ga cuma dibentuk dari segi dunia aja, akhiratnya juga dibentuk di hari terakhir ini. oiya, selain dikasih materi gitu, di hari ketiga juga ada outdoor games gitu. seru banget sumpah walaupun gua cuma jadi pemandu sorak aja haha. laper booo lagi puasa :p

selain ‘ngedengerin’ orang ngomong di GWW, kita juga dikasih liat penampilan UKM-UKM yang ada di IPB. selain itu kedisplinan kita juga dibentuk sama kakak-kakak komdis. oiya, percaya ngga percaya semua penugasan mpkmb gua kerjain sendiri dari mulai bikin nametag bentuk kepala tani, buku tugas, dan lain-lain. sendiri di sini konteksnya tanpa bantuan orang tua dan keluarga ya hehe. bikin nametag kepala tani itu gua bareng sama temen-temen di laskar 2. jadi hikmah yang bisa diambil dari nametag bentuk kepala tani itu, kerja sama. haha iya kerja sama, kalo itu nametag dibikin sendiri tanpa bantuan dari temen selaskar, mungkin baru jadi 3 hari deh. tapi karena dibantuin temen di laskar 2, setengah jam bisa jadi beberapa nametag hehehe.

pokoknya mpkmb ipb ini bukan cuma sekedar perkenalan kampus aja, tapi juga pembentukan sahabat tani 48 sebagai penerus bangsa ini, agent of change. sama pembicaranya kita dikasih gambaran tentang kondisi Indonesia. baik itu dari segi pertanian maupun segi sosialnya. jadi kita sengaja dibuat ‘mikir’ tentang kondisi bangsa kita ini. pasti harapannya ya itu, kita bisa jadi penerus bangsa yang bertanggung jawab yang bisa ngebawa bangsa kita ini buat jadi bangsa yang lebih baik lagi.

semoga sahabat tani 48 yang ikutan mpkmb kemaren, beneran bisa jadi pemimpin bangsa yang amanah ya 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s