apalah arti sebuah nama

so guys, it’s my first early morning post. ya harusnya sih gua puasa cerita di sini ya sampe tanggal 10 januari nanti, secara gitu gua lagi UAS. astaga, usum keneh cit UAS? well, terserah kalian mau bilang apa, tapi.. yap, kenyataannya gua masih UAS. sampe tanggal 10 januari. dan harusnya sekarang gua udah tidur dengan nyenyak nih, tapi berhubung besok gua mau nyiksa diri gua dengan soal fisika, jadi boleh dong gua menyegarkan mata dan otak dulu sampe gua ngerasa ngantuk :p

jadi cerita ini bermula dari temen gua yang ngga tau kenapa jadi ngomongin nama gua. arti nama gua lebih tepatnya. ya, berhubung nama gua rada ngga biasa, dia kira itu bukan nama asli gua. hahahahaha. sebenernya tulisan tentang nama ini udah pernah gua tulis sebelumnya di tumblr. tapi kayanya udah ketutup sama postingan lain, jadi ngga apa ya kalo gua cerita lagi hehehehe

fyi, nama gua Citra Dhyani Swietenia. itu nama akte dan nama di semua kartu identitas gua. iya gua serius kok dengan nama Swietenia di belakang nama gua itu. yakin seratus persen kalo Swietenia itu ada di akte dan semua kartu identitas gua

iya jadi temen gua itu ngira, swietenia itu cuma ngarangnya gua aja hahaha aduh plis deh :p

so, sekarang gua mau jelasin nama Swietenia aja ya. I love this part so damn much. ngga tau kenapa, seneng aja kalo ada yang nanya arti Swietenia itu apa.

jadi, Swietenia itu adalah nama latin untuk pohon yang kayunya udah ngga asing lagi di telinga orang Indonesia.

ada yang tau mungkin pohon apa?

apa? jati? bukaaaannn. kalo pohon jati itu Tectona Grandis. jadi, Swietenia itu nama latin buat pohon mahoni 😀

source: http://entnemdept.ufl.edu/creatures/trees/moths/mahogany_borer9a_SP.htm

Swietenia Mahagoni

mungkin kalian bertanya-tanya ya kenapa harus pake nama pohon gitu. apa gua bakal tumbuh daun dan bisa melakukan pertumbuhan sekunder? tentu bukan itu alasannya. tapi kalo melakukan pertumbuhan sekunder, iya sih, tumbuh ke samping kaya batang pohon. huh. oke cukup, ngga usah kita lanjutin lagi.

gua sendiri ngga tau pasti kenapa harus pake nama pohon, tapi dari cerita sang pemberi nama, yaitu nyokap gua, nama itu diambil karena dulu beliau kuliah di kehutanan. jadi biasalah bergelut dengan pohon-pohonan segala rupa, dan ngga ketinggalan, nama latinnya juga. terus dia ngeliat kalo nama latin mahoni itu bagus, jadi ya dikasih ke gua deh namanya hehehe. mungkin harapan terselubung dari pemberian nama pohon itu adalah biar gua jago biologi kali ya. yah, sayang sekali kenyataan berkata lain

terus gua juga mau klarifikasi nih ya, nama facebook gua Citra Pianto Soedarmo itu udah dari kelas 1 atau 2 SMA. kenapa? itu sih karena kekonyolan gua dan nyokap gua aja.  jadi gara-gara nilai atau apa lah itu yang menyangkut pelajaran, terus nyokap bilang kalo kakek gua itu pinter hebat blah blah blah. terus ya kalian tau lah kalo gua sama nyokap lagi barengan, pasti ada aja yang di-ada-ada-in. ya kaya nama ini. gua ganti nama facebook dengan harapan kalo gua bisa ikutan pinter kaya kakek gua itu. konyol banget sih emang. terus kenapa sampe sekarang ngga diganti? males aja. hahahahahaha.

nama Citra dan Dhyani juga punya arti loh guys. tapi ngga akan gua ceritain deh di sini. silahkan tanya google aja dan kalian kira-kira sendiri ya :p

 

source: http://entnemdept.ufl.edu/creatures/trees/moths/mahogany_borer9a_SP.htm

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s