upgrading sanggar juara 2012

so guys, hai. hahahahaha. selamat berhari minggu ya buat kalian yang merayakan. hari minggu kali ini, gua menjalaninya dengan beda. yang biasanya pas sabtu malem gua begadang sampe jam 2 jam 3an, terus bangun siang, minggu kali ini ngga loh. hehehehe hebat yah? apakah yang membuat hari minggu gua jadi beda? mau tau? mau tau banget? mehehehehe oke, i’ll tell yaaaaaaa

jadi pas liburan semester satu kemaren itu, gua ngisi formulir buat jadi kakak asuh di sanggar juara. terus pas masuk kuliah, gua wawancara sanggar juara tuh. sanggar juara ini komunitas mengajar gitu. yang ngedaftar juga ngga cuma anak-anak IPB aja. nah, biasanya tuh gua mundur duluan kalo mau ikut sesuatu yang ada sesi wawancaranya hahahaha. cupu yaahhh? tapi berhubung gua udah nunggu lama open recruitment dari sanggar juara ini, gua merasa tertantang buat maju sampe tahap wawancara. yang ada dipikiran gua saat itu, yaudah deh dicoba dulu, kalo yang ini mundur sebelum maju, yah, cupu banget gua ya hahahaha. yaudah dicoba, dan selesai deh tahap wawancaranya.

hari pun berganti… ceileh hahahaha. dan katanya pengumumannya bakal online gitu di facebook sama tumblrnya sanggar juara. gua udah pasrah aja deh, secara gua ngga yakin banget pas wawancara. segimanapun gua pengennya bergabung sama sanggar juara, tapi kalo pas wawancara gua kroco mah kan ya sama aja gitu bakal ditolak 😦

tapi kayanya Allah tau apa yang terbaik buat gua ya. dan alhamdulillah nya kali ini apa yang gua mau dan apa yang terbaik menurut Allah itu lagi sejalan. iya ceman-ceman, aku keterima jadi kakak asuh di sanggar juara O:)

pas liat itu mau loncat banget hahahaha. terus udah deh, gua datang pas hari jumatnya, sesuai sama yang tercantum di situ kan. tapi berhubung gua ada kuliah sampe jam 17.40, pas gua datang, acara udah selesai. temen-temen barunya udah pada pulang masa hahahaha. tapi untungnya masih ada kakak-kakaknya. yaudah kita disuruh perkenalan dan dikasih tau nanti bakal ada apa hari minggu

hari minggu ini ngga cuma datang doang kitanya, tapi kita harus bawa vision board juga. duh, biasanya gua ga akan datang kalo udah disuruh buat yang aneh-aneh, apalagi yang harus ada gambar-gambarnya. tapi ngga tau, kali ini beda banget. gua dengan ikhlas bikin vision board, segala diwarnain gitu sama gua hahahaha. alhamdulillah ada perubahan di guanya 🙂

dan, sampailah kita pada hari minggu. hari ini judulnya upgrading sanggar juara 2012. dan biasanya lagi, gua ngga pernah datang di acara kaya gini. tapi ngga tau kenapa, kali ini beneran beda lah. gua niat banget berangkat jam 6 pagi dari rumah.

terus acara hari ini tuh kita kedatangan trainer dari Indonesia Mengajar. kebetulan juga, kakak itu alumni IPB, dan KPM loh. KPM42. bangga deh pas tau kakak itu anak KPM. terus kakaknya share gitu tentang Indonesia Mengajar. diceritain kondisi pendidikannya gimana. jadi pengen banget pergi ke bagian lain Indonesia buat jadi salah satu yang bermanfaat di sana. doain ya temen-temen 🙂

selain share gitu, kita juga tadi games. biasalah, games yang menyiratkan keorganisasian. awalnya ketawa-ketawa, makin kesini makin tegang. tapi masih aja bisa ketawa hahahahaha.

games pertama itu bikin lingkaran, terus ya gitu yang disuruh kumpul sama 5 orang, terus 7 orang, terus 10 orang. ngafalin tanggal lahir anggota kelompok, ngafalin nama-nama temennya. seru deh pokonya. inti dari games itu tuh katanya gini kurang lebih, kita ga harus sama tim kita terus, kadang dalam kelompok itu ada yang berkhianat gitu.

terus ada games konsentrasi. yah, disini gua kena coret. dua kali. atuh lah. jadi ketauan kan kalo gua rada bolot hahahahaha.

terus kita gabung lagi. bikin lingkaran besar. ini games lempar gelas. jadi si kakak ini ntar ngelempar gelas, dan harus kita tangkep. asli ini mah degdegan. untung aja gua ngga kebagian nangkep gelas :p dari semua yang kebagian nangkep, alhamdulillah gelas ngga ada yang pecah. horeeeee. tepuk tangan buat kita semua *prok prok prok* inti dari games ini adalah tanggung jawab. dalam sebuah organisasi, setiap anggotanya itu harus punya tanggung jawab. walaupun posisi dia itu ece-ece, tapi harus tetep tanggung jawab sama apa yang diamanahkan

games berikutnya itu, kita bagi kelompok lagi jadi 7 orang. ini komunikata gitu hahaha. tau lah ya kaya apa. terus kelompok gua menang deh di games ini hahahaha. kebetulan gua jadi orang terakhir. ngga tau deh apa jadinya kalo gua jadi orang yang di tengah, pesennya ga sampe belakang dengan selamat kayanya hahahahaha. ya, dalam sebuah organisasi, komunikasi setiap anggotanya itu penting banget. dan setiap organisasi pasti punya cara berkomunikasi sendiri. gitu kata kakaknya

terus games lagi, masih dalam kelompok yang sama. yang ini kita ngebawa air pake gelas aqua yang ditaro di atas koran. ngga boleh tumpah. wow. dan tim gua berhasil.. horeeeeeeeee. inti dari game ini, team work. oke. udah pasti dong ya dalam organisasi itu setiap anggota tim harus saling kerja sama.

dan game serius yang terakhir. main puzzle. kikikikkkk. disuruh nyusun potongan kertas buat jadi persegi. yang pertama sih cetel, berhasil semua. yang kedua nih rada mikir. mikir banget sih kalo buat gua mah hahaha. jadi satu kertasnya diambil. dan kita disuruh nyusun buat jadi persegi juga. oke

setelah berpikir keras dan membongkar pasang si puzzle kertas, kelompok gua berhasil lagi. HOREEEEEEEEEEEE *prokprokprok* intinya, kita harus berpikir kreatif. out of the box.

dan games penutupan. yang ngejalaninnya itu kak syifa, presiden sanggar juara. jadi dia disuruh jalan ngelewatin tangan kita. dengan mata ditutup!! dan dipandu sama satu orang pilihannya kak syifa. yaitu fikra. diarahin deh sama fikra. tapi tangan gua keinjik dikit hiks. ngga apa, soalnya kak syifa sampe ke ujung dengan selamat. mihihihihihi. nah kalo yang ini, intinya harus percaya sama partner kita.

pengalaman dan pelajaran baru banget buat gua yang awam masalah ke-organisasi-an. abis upgrading tadi, jadi on fire banget buat jadi berguna buat indonesia. semoga efeknya ga cuma awal-awal ini aja ya. semoga bisa sampe seterusnya 🙂

makasih buat kak Rusdi trainer dari Indonesia Mengajar, dan kakak-kakak dari sanggar juara, sama temen-temen baru di sanggar juara

SANGGAR JUARA

SIAP MENCETAK JUARA!

2 thoughts on “upgrading sanggar juara 2012

Leave a Reply

