turun lapang sanggar juara

sore ini pas bangun tidur, ngga tau kenapa reffnya jodohku – anang & ashanty ngga berenti nyanyi-nyanyi di otak gua. sampe saat ini gua lagi ngetik begini. astaga. kenapa sih gua ini hahaha. jodohkuuuu.. maunya ku dirimu, hingga mati kuingin bersamamu. okeoke, mungkin gara-gara serangan mendadak mama dan teh yani pas gua baru bangun tidur siang kali ya. mama datang ke kamar dan bilang: ‘neng tadi kan mau dijodohin loh, tapi papanya ngga boleh. hahahaha.’ dan seketika lagu itu langsung nyanyi di otak gua. terus ditambah lagi teh yani datang dan bilang: ‘neng, di radio ada yg nyari cewe tinggi lebih dari 160, putih, dewasa. tuh, neng banget. mau ngga?’ dan lagi-lagi… jodohkuuu.. maunya ku dirimu. terus dilanjutkan dengan whatsapp chat sama iffa. dia juga nyinggung jodoh dengan bilang: ‘…. dia bukan jodoh gua.’ dan lagi, jodohkuuu… maunya ku dirimuuuuu. hiiihhh sedih ya guys hahahaha

yaudah gua cerita aja ya apa yang menyebabkan gua sampe tidur siang di hari minggu yang mendung-mendung asik ini. bukan, bukan karena gua ngga pergi kemana-mana dan gua jomblo loh. seriusan. sebelum tidur siang gua pergi dulu ko ke kampus, dari pagi sampe jam makan siang.

APA CIT? KE KAMPUS? HARI MINGGU? KETAWA BOLEH NGGA?

tunggu, jangan dulu ketawa. baca dulu cerita lengkap gua ya. baru deh lu mau ketawa apa ngga, terserah.

jadi, gua tuh join di sebuah komunitas mengajar punya salah satu anak IPB, yaitu Sanggar Juara. iya, yang udah sering gua sebut-sebut di beberapa postingan gua sebelum ini. kalo mau tau lebih jelas tentang sanggar juara bisa buka tumblrnya atau baca ini. nah, jadi hari ini gua berkesempatan buat ikut turun lapang. ya walaupun hari ini gua belum ikutan ngajar, cuma ikutan ngerecokin di kelas doang hahahaha. awalnya gua sama temen-temen dari taman baca mau ngerancang proposal taman baca hari ini. tapi lupa deh siapa yang sok ide buat kita ikut ke SD Situleutik (tempat kakak-kakak turun lapang hari ini) dan ‘rapat’ taman baca di sana. tapi asli ngga nyesel lah.

kita janjian jam setengah 8 pagi di BNI dramaga dan baru berangkat ke SD Situleutik jam 8. letak SDnya tuh di dalem banget. awalnya masih ada jalan besar dan kos-kosan, terus makin ke dalem, ada rumah-rumah warga gitu. awalnya gua mikir, ini di mana SDnya, ko yang tadi di lewatin sawah sama rumah warga aja sih? masih terus ngelewatin rumah warga, gua masih terus mikir, asli ini SDnya mana? ko kayanya jauh banget dari jalan besar. masih masuk-masuk gitu nih ceritanya. pas masih mikir, dari jarak beberapa meter gua liat kakak-kakak sama lima ade-ade. mereka ngeliatin kita. ah, itu kayanya temen-temen Sanggar. masih bingung dikit itu apaan, gua nerusin jalan sampe tempat itu. ternyata itu lapangan sekolah dan gua beneran nyampe ke SDnya. ngga nyangka banget di tengah kepadatan rumah warga gitu ada nyempil SD dengan 6 ruang kelas, 1 kantor, dan 2 toilet. lapangannya minimalis. lantainya udah keramik, dan kayanya ngga ada kelas yang bocor. alhamdulillah walaupun tempatnya nyempil, ade-adenya ngga harus kebocoran kalo hujan atau takut atapnya rubuh. itulah kesan pertama gua saat ngeliat SDnya.

pas awal itu kakak sanggar juaranya pada bingung soalnya ade-adenya cuma lima orang. lebih banyak kakaknya dari pada adenya hahaha. mungkin gara-gara pagi tadi hujan, ade-ade yang lain mikirnya ngga ada sanggar kali ya. terus pada main atau malah ngelanjutin tidur lagi. terus kita nyuruh ade-ade yang ada buat ngajak temen-temennya sanggar. lima belas menit kemudian, datang deh beberapa anak. terus datang lagi. datang lagi. datang lagi. tapi pagi itu ngga sampe dua puluh anak yang datang. tapi ngga apa lah ya, sanggar tetep berjalan.

itu pertama kalinya gua ngeliat langsung proses belajar di sanggar gimana. sebelumnya kan cuma liat fotonya gitu hehehehehe. seru asli seru banget.

awalnya dibuka sama nyanyi theme song sanggar juara, terus nyanyi open banana. mungkin biar ade-adenya semangat dulu kali ya. terus hari ini mereka diajarin lagu Que Sera Sera. wah ini lagu jaman gua SD banget nih pas les bahasa Inggris hehehehe. iya, hari itu mereka belajar bahasa Inggris, ngelanjutin pelajaran minggu kemaren. terus gua sama temen-temen masuk ke kelas, pengen liat. terus kita kenalan sama ade-adenya. terus ade-adenya dites. eh mereka hafal nama gua. aaaaa terharuuuuuuuu :”””)

ini belajarnya ada beberapa segment gitu nih. terus masuk ke bagian ade-adenya dibagi kelompok gitu. satu kakak asuh kebagian lima sampe enam ade-ade gitu. mungkin biar ‘belajarnya’ lebih personal dan adenya lebih relaks kali ya. gua dan temen-temen taman baca kebetulan udah selesai ngomongin tentang taman baca, jadi kita masuk lagi ke kelas buat ngeliat gimana belajarnya.

ade-adenya diajak ngobrol sama kakaknya. ditanyain satu-satu cita-citanya mau jadi apa. hobinya apa. terus ditanya-tanya suka pelajaran apa. ngga suka pelajaran apa. ngga lupa ngereview pelajaran bahasa Inggris yang tadi. terus ketawa-ketawa. terus mereka banyak nanyak gitu. ada yang minta diceritain tentang planet-planet. wow. amajingggggg. terus ada yang ngajak main-main. main susu ultra, main mejikuhibiniu. hahahahaha. itu gua celangap liatnya. seru banget, pengen ikutan hahahahaha.

oh iya, selama belajar itu, gua ngedenger suara ayam petok-petok berisik banget. sama suara motor yang lewat belakang SD itu. gua rasa kalo KBM sehari-hari sangat mengganggu deh suara bisingnya itu.

terus waktu bermain sambil belajarnya selesai. ade-adenya disatuin lagi. ditanyain lagi mereka belajar apa aja. terus disuruh maju ke depan kelas buat cerita. mehehehehe ade-adenya pada malu-malu gitu. tapi keren loh mereka mau maju. secara kita yang udah mahasiswa aja kadang suka males kalo disuruh maju gitu ya. bagus banget buat perkembangan ade-adenya, jadi dari kecil mereka belajar PD dan berani, biar pas udah gedenya mereka kebiasa tampil di depan gitu hehehehe.

selesai mereka maju buat nyeritain tadi ngapain aja, saatnya games. toreng toreng toreng. tapi jadinya ngga games, malah main tebak-tebakan. hahahaha. ketawa-ketawa terus nih abis tebakannya lucu, kadang garing sih :p

terus selesai main tebak-tebakan, sanggarnya udahan deh. udah jam 11 juga lagian. terus sebelum ditutup, ade-adenya disuruh maju buat nyanyiin theme song sanggar juara lagi. biar tetep semangat walaupun udah selesai sanggar hehehehehe. ini ada video ade-adenya lagi nyanyiin theme song sanggar juara, liat aja di sini

nah, jadi kalian masih mau ketawa setelah tau apa yang gua kerjain hari ini?

yaudah, sampe ketemu di cerita gua selanjutnya ya guys 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s