Organisasi in My Point of View: KUANTITAS ATAU KUALITAS?

Istilah mahasiswa kura-kura atau kuliah rapat kuliah rapat mungkin sudah menjadi istilah yang sering didengar oleh kalangan mahasiswa. Ya, istilah ini diperuntukkan bagi seorang mahasiswa sekaligus organisatoris. Menjadi seorang organisatoris bukanlah hal yang mudah. Selain harus pandai membagi waktu untuk kewajiban utama, mereka juga harus bisa membagi waktu untuk organisasinya.

Bukan hal yang aneh jika melihat satu nama mahasiswa terdapat dalam beberapa organisasi di kampus maupun di luar kampus. Jika ditanya, “tuntutan cv” akan menjadi dalihnya. Ya. Organisasi saat ini tidak hanya dijadikan sebagai media untuk mengasah soft skill bagi mahasiswa, tetapi juga dijadikan untuk menjadi batu loncatan bagi masa depannya.

Tidak salah memang, tetapi sebaiknya kita berpikir lagi untuk bergabung di banyak organisasi. “Tuntutan cv” memperlihatkan kuantitas yang dikejar bukan kualitas. It won’t help you kalau memang kuantitas yang dikejar.

Dalam berorganisasi tentunya memerlukan tanggung jawab besar dalam menjalankan. Banyaknya organisasi bukan menjadi jaminan untuk dapat dilirik oleh perusahaan. Lebih baik bergabung hanya dalam satu organisasi tapi kita dapat menunjukkan konsistensi dan komitmen kita dari pada bergabung di banyak organisasi tetapi kualitas kita dipertanyakan.

so, jadilah mahasiswa kura-kura yang berkualitas 😀

 

 

has been published on Majalah KOMUNITAS’s website. May, 8 2014.

link: http://komunitas.fema.ipb.ac.id/?p=46

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s